Pandemi  Covid 19 belum berakhir, kebijakan masa belajar dan mengajar dari rumah terus diperpanjang. Kondisi ini menyebabkan semua komunikasi dilakukan jarak jauh baik komunikasi dengan siswa, kordinasi dengan guru dilakukan melalui media komunikasi secara daring. Berbagai aplikasi sebagai media komunikasi disediakan oleh berbagai pihak untuk mendukung kegiatan pembelajaran secara daring demi menyukseskan kegiatan belajar para peserta didik meskipun tetap di rumah.

E-Learning Madrasah sebagai aplikasi untuk menunjang pembelajaran yang telah disediakan oleh Kemenag ini akan menjadi aplikasi yang wajib digunakan oleh guru di MAN Sidoarjo dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara daring. “Kita harus ikut mendukung dan mengembangkan penggunaan E-Learning Madrasah secara maksimal di kalangan madrasah” demikian ungkap kepala madrasah, Abd. Jalil memulai sosialisasi penggunaan aplikasi E-Learning Madrasah.

Kegiatan pelatihan ini diadakan guna meningkatkan pemahaman dalam penggunaan aplikasi E-learning Madrasah. Pelaksanaan pelatihan secara daring melaui videoconference dengan menggunakan Google Meet pada 28-29 April 2020.  Tim IT MAN Sidoarjo  menyiapkan perangkatnya dan sekaligus menjadi nara sumber dalam kegiatan ini. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh dewan guru MAN Sidoarjo, agar penggunaan aplikasi E-learning Madrasah tidak  hanya mampu diterapkan  oleh sebagian guru saja.

Pelatihan yang berdurasi satu jam ini mampu menjelaskan beberapa fitur dalam aplikasi  tersebut dan sebagian besar guru peserta pelatihan dapat memahami dengan mudah meskipun belum pernah menggunakannya, mengingat aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan. Narasumber juga memaparkan cara mengakses aplikasi ini melaui laptop maupun smartphone.  Menurut beberapa guru yang telah aktif menggunakan aplikasi ini untuk pembelajaran daring, aplikasi ini  bagus meskipun agak ribet karena banyak fiturnya tapi enak digunakan karena lengkap sesuai kebutuhan kegiatan pembelajaran dan administrasi pembelajaran, demikian paparnya.

Penggunaan aplikasi E-Learning Madrasah ini selain untuk kegiatan pembelajaran juga dapat digunakan untuk memantau aktifitas siswa maupun guru. Agar penggunaan aplikasi E-Learning Madrasah ini betul-betul diterapkan oleh semua guru maka kepala madrasah mewajibkan semua untuk melakukan absensi di aplikasi ini setiap hari sebelum melakukan aktifitas pembelajaran maupun pembuatan kelengkapan administrasi pembelajaran.  (Fit/Hum)