Wisuda secara online menjadi pilihan yang tepat di masa pandemic covid 19. MAN Sidoarjo melakukan pelepasan lulusan siswa tahun pelajaran 2019-2020 diwakili oleh salah satu siswa dari masing-masing kelas dan siswa terbaik di kelasnya untuk menghadiri acara ceremony di auditorium MAN Sidoarjo (1/7) dengan diikuti oleh seluruh siswa yang menyaksikan di rumah melalui tayangan langsung (live streaming) melalui google meet dan youtube. Wisuda diwakili oleh hanya 25 siswa dari 439 siswa dengan menerapkan protokol kesehatan, mengatur jarak tempat duduk dan bermasker.

Acara yang cukup sederhana, prosesi penyerahan siswa kepada orang tua yang diwakili oleh Muhammad Ilzam sebagai simbolik usainya masa pendidikan di MAN Sidoarjo dengan diikuti pelepasan topi oleh seluruh siswa yang menyaksikan di rumah. Pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi dari masing-masing kelas dan jurusan sebagai kelanjutan acaranya. Mereka itu diantaranya adalah Aridin Gustaf kelas XII IPA 1, Falikhatun Nisa kelas XII IPA 2, Atika Nafsah Aliyah kelas XII IPA 3, Lu’luil Maknunah kelas XII IPA 4, Fatmala kelas XII IPA 5, Erma Maya Arifah kelas XII IPA 6, Widianti Salsabilah kelas XII IPA 7. Jurusan IPS adalah Ajeng Suci Setiowati kelas XII IPS 1, Hani Fatmawati kelas XII IPS 2, Nurim Dwi Cahyanti kelas XII IPS 3, Nur Habibah kelas XII IPS 4 dan Nabila Aji Aulia Putri kelas XII IPS 5. Diantara siswa terbaik tersebut, diberikan pula apresiasi pada siswa tebaik prestasinya dari jurusan IPA yaitu Aridin Gustaf dan dari jurusan IPS adalah Hani Fatmawati.

 

Pesan kesan oleh perwakilan wisudawan, M.Ilzam manyampaiakan bahwa kondisi pandemik banyak mengubah banyak tatanan untuk itu sebagai anak hebat yang hidup dalam keadaan krisis mampu memanage keadaan menjadi sesuatu yang bernilai dan pesannya jangan lupakan asal sekolah kita MAN Sidoarjo demikian paparnya.

Sebagai penghujung acara sambutan kepala madrasah, Abd Jalil, berpesan bahwa untuk menjadi orang sukses harus siap terus menggantungkan diri kepada Allah dan jangan lupakan sholat jamaah, tidak menyakiti hati dan selalu berbuat baik kepada orang tua dan guru. “Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan serta para orang tua siswa semoga sukses dunia akhirat dan diridhoi oleh Allah”, demikian tambahnya. (Rf/Hum)