Peresmian gedung auditorium MAN Sidoarjo yang diadakan pada Rabu (22/7) merupakan wujud dari keberhasilan penambahan fasilitas madrasah untuk memenuhi kebutuhan kegiatan di madrasah yang telah lama direncanakan. Menjadi suatu kebanggaan bagi madrasah memiliki fasilitas serbaguna luas yang dapat digunakan sebagai tempat pertemuan dengan kapasitas sekitar seribu orang dan juga sebagai tempat olah raga bagi siswa maupun guru. Selain itu di lantai bawah terdapat beberapa ruang diantaranya kantor guru, WAKA, OSIS, ekskul dan divisi kegiatan madrasah. Pembangunan gedung yang bernilai hampir 4 M ini merupakan proyek besar telah memakan waktu selama tiga tahun lebih dengan sumber dana swadaya berasal dari pengumpulan infaq dan jariyah orang tua murid. Kepala MAN Sidoarjo dan segenap civitas akademika menyampaikan rasa syukur dan terimakasih yang tidak terhingga kepada seluruh orang tua murid sebagai penyandang dana ini semoga menjadi amal jariyah mereka.

 

Acara peresmian gedung auditorium dimulai dengan penyambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur oleh kepala madrasah beserta jajarannya diiringi tim banjari MAN Sidoarjo menuju gedung auditorium dan dilanjutkan dengan acara ceremony. Dalam acara ini ketua komite, Drs. H. Abdul Shomad, M.Ag menyerahkan kepada kepala MAN Sidoarjo, Drs. Abd. Jalil, M.PdI. Dilanjutkan dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Ahmad Zayadi M.Pd. yang didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, Dr HM Amir Sholehuddin beserta jajaran terkait.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas keberhasilan madrasah dalam membangun gedung auditorium tersebut. “Kondisi ini luar biasa, kepercayaan masyarakat terhadap madrasah juga luar biasa” ungkapnya. Zayadi sangat mengapresiasi kepada masyarakat yang sangat percaya kepada madrasah, sehingga secara kolektif mereka bergotong royong, bahu membahu dalam membangun gedung yang diharaapkan bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya. “Dengan bertambahnya fasilitas ini diharapkan juga dapat mendukung kegiatan madrasah sehingga dapat meningkatkan prestasi madrasah,” demikian tambahnya. Ungkapan senada disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo,  Dr H.M. Amir Sholehuddin juga mengapresiasi terwujudnya gedung Auditorium MAN Sidoarjo.Dengan sarana prasarana yang tercukupi diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih baik dan prestasi  yang diraih juga semakin meningkat.

Melihat keberhasilan ini, Kepala Ka Kanwil Kemenag Prov Jatim memberikan apresiasi yang luar biasa. Ia menunjukkan gedung semegah ini murni hasil partisipasi masyarakat melalui komite madrasah, yang hari ini asetnya telah diserahkan kepada MAN Sidoarjo. ”Kondisi inilah yang sangat luar biasa, karena ada kepercayaan masyarakat kepada madrasah berbukti juga sangat luar biasa pula,” katanya.
Zayadi mengapresiasi, masyarakat yang sangat percaya kepada madrasah, sehingga secara kolektif mereka bergotong – royong, bahu membahu membangun gedung semegah ini agar bisa dimanfaat sebagaimana mestinya. Dalam rangka kepentingan pembelajaran di MAN Sidoarjo ini. Diharapkaan prestasinya juga akan semakin meningkat lagi.
Apresiasi yang sama juga diungkapkan Kepala Kemenag Kabupaten Sidoarjo, Dr HM Amir Sholehuddin atas terwujudkan gedung Auditorium MAN Sidoarjo ini. Diharapkan, proses pembelajarannya semakin baik, karena sarana dan prasarananya juga telah tercukupi dengan baik pula. ”Semoga MAN kedepan lebih baik, lebih maju perkembangannya, bisa meningkatkan kualitas para guru dan siswa – siswanya,” ungkapnya.
Disisi lain, Amir juga telah memantau keberhasilan Guru dan Siswa MAN dalam berbagai bidang perlombaan, baik itu lomba tingkat Jawa Timur maupun tingkat nasional, bahkan internasional. ”Dengan adanya gedung megah ini, saya berharap kualitasnya atau prestasinya sudah barang tentu akan meningkat lagi,” harapnya.
Kapala MAN Sidoarjo, Abdul Jalil, mengaku kalau Auditorium ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena fasilitasnya juga cukup lengkap, kebutuh sarana prasarananya juga sudah ada. ”Diantaranya ada ruang guru, ruang server, ruang-ruang rapat juga telah disediakan. Termasuk juga ruang-ruang OSIS bahkan sampai ruang-ruang tamu juga sudah ada. Untuk proses pembangunannya memakan waktu sekitar tiga tahun, dengan anggaran partisipasi keluarga besar MAN melalui komite sekolah,” jelas Abdul Jalil. [ach]