Alhamdullilah, segala puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga pelaksanaan pembukaan acara Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) 2021 dapat berjalan dengan lancar. Matsama dibuka pada tanggal 12 Juli 2021 pukul 07.30 WIB dan dibuka oleh Kepala MAN Sidoarjo,  Drs. ABD. Jalil, M.Pd.I. Dalam acara yang dilakukan secara online dan diikuti oleh 455 murid baru MAN Sidoarjo 2021-2022 kali ini, Kepala Madrasah mengucapkan selamat datang kepada seluruh siswa-siswi baru Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo.

Dalam sambutan yang diberikan, Kepala Madrasah memberikan beberapa pesan kepada siswa-siswi baru. Pesan pertama adalah siswa-siswi baru MAN Sidoarjo 2021-2022 harus membiasakan sikap disiplin yang disertai dengan doa dan usaha agar bisa terhindar dari sifat kemalasan yang merupakan penyakit dari setiap orang yang belajar. Poin selanjutnya yang disampaikan adalah peserta Matsama dapat memanfaatkan masa remaja untuk lebih dalam menggali potensi diri. Hal ini dikarenakan fase remaja merupakan fase dengan kondisi fisik dan psikis yang sangat bagus untuk mengembangkan kemampuan. Menaati anjuran pemerintah dengan berkegiatan di rumah dan menjaga diri serta keluarga agar dapat mengikuti rangkaian kegiatan Matsama dan kegiatan pembelajaran selanjutnya merupakan poin terakhir yang disampaikan oleh Kepala Madrasah kepada siswa-siswi baru MAN Sidoarjo 2021-2022.

Acara dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh Ibu Rukhul Fitriyah, M.Si. bertemakan pengenalan profil madrasah diantaranya adalah pengenalan visi dan misi Madrasah, sejarah berjalannya MAN Sidoarjo dan program unggulan yang ada di MAN Sidoarjo. Materi selanjutnya adalah pengenalan MANSDA Riset dan peranannya terhadap prestasi bidang akademik yang ada di MAN Sidoarjo yang dibawakan oleh Ibu Nur Afifah, S.Pd. serta penjabaran beberapa prestasi yang telah didapat. Wawasan wiyata mandala merupakan materi terakhir yang disampaikan oleh Ibu Farikah Hanum, S.Pd., M.Pd. pada hari pertama Matsama

Matsama hari ketiga

Rangkaian kegiatan Matsama hari selanjutnya dilanjutkan dengan penjabaran beberapa materi yang berguna untuk peserta, diantaranya tata tertib dan bimbingan konseling yang dibawakan oleh Ibu Lilik Widyawati, S.Pd., pengenalan perpustakaan digital oleh Bapak Arif Rifi Mujiono, S.Sos., keorganisasian dibawakan oleh Bapak Afrian Nusa Wahyu Basuki, S.Or. dan materi moderasi beragama yang dibawakan oleh Bapak Rifan Marzuki, M.Pd.I. Ekstrakurikuler dan komunitas yang ada di MAN Sidoarjo juga berkesempatan mengisi materi dengan memperkenalkannya kepada peserta. Ekstra yang mengisi pengenalan ekstra pada Matsama kali ini diantaranya OSIS, PMR, marching band, basket, futsal, voli, bulu tangkis, banjari, takmir, PACMAN  dan masih banyak yang lainnya. Tidak ketinggalan tim olimpiade dan PRODISTIK yang merupakan salah satu unggulan yang ada di MAN Sidoarjo juga mengisi pengenalan kepada peserta.

Peserta Matsama

Promo Ekstra Basket

Promo Ekstra

Pelaksanaan Matsama 2021 ditutup dengan sebuah games online yang diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta dan dipandu oleh Wakil Kepala Madrasah bidang Kehumasan, Ibu Ikhwatun Nisak, S.E. Tujuan dari pemberian games ini adalah untuk memberi semangat kepada peserta setelah empat hari menjalani rangkaian kegiatan Matsama.

Rangkaian kegiatan Matsama 2021 yang diadakan oleh MAN Sidoarjo ini diharapkan dapat memberi semangat dan motivasi baru kepada seluruh peserta. Dengan timbulnya semangat dan motivasi ini, diharapkan dapat mengeluarkan potensi dari seluruh peserta yang ikut dan memudahkan mereka untuk meraih prestasi yang tinggi pada tingkat regional, nasional bahkan internasional dan bisa membanggakan MAN Sidoarjo. (Humas)

 

Tags: , , , ,