Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar wa liilahil hamd. MAN Sidoarjo melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada, 22 Juli 2021 bertempat di halaman belakang madrasah.

             Kepala Madrasah, ABD. Jalil, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kurban ini merupakan sebuah bentuk teladan dan ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT. Hal ini dapat dijadikan sebagai suatu bentuk penanaman karakter kepada siswa untuk meningkatkan rasa empati dan kepedulian sosial terhadap masyarakat, terlebih pada situasi pandemi yang menyebabkan ekonomi masyarakat mengalami penurunan.

            Dijelaskan oleh ketua panitia, Hidayatullah, penyembelihan dilaksanakan sesuai prokes yang berlaku. Semua panitia diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak. Gerbang madrasah juga ditutup dengan maksut agar hanya panitia yang dapat mengikuti acara penyembelihan ini.”Panitia terdiri dari beberapa guru dengan dibantu sebagian pengurus OSIS dan Takmir masjid Al-Hikmah MAN Sidoarjo” tutur guru Fiqih ini .

Setelah acara serah terima dilaksanakan, hewan kurban disembelih oleh panitia yang telah  siap. Jumlah hewan kurban yang disembelih terdiri dari 4 sapi yang terdiri dari satu sapi dari iuran siswa dan tiga lainnya dari guru-guru. Tiga kambing  kurban yang terdiri dari satu kambing dari guru, satu kambing dari Bank BTN dan  satu kambing dari PT. Sekar Laut yang merupakan tetangga dari MAN Sidoarjo. Daging kurban yang sudah ditimbang dan dibungkus lalu didistribusikan kepada siswa yatim dan kurang mampu, panti asuhan, masyarakat sekitar serta guru dan karyawan MAN Sidoarjo.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan pada setiap tahun dan semoga pembagiannya tepat sasaran bagi yang membutuhkan serta menambah keberkahan dan kebaikan bagi seluruh keluarga besar MAN Sidoarjo. INA (Humas)