MAN Sidoarjo dibawah naungan Kementerian Agama kembali mengukir prestasi. Dua siswi MAN Sidoarjo, atas nama Fachriyani Umi Zaifah Kelas (XII IPA 7) dan Nawal Aulia kelas (XII IPA 6), mempersembahkan medali emas dalam Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) 2021 bidang Sosial dan Humaniora. Bidang ini terkait dengan ilmu pengetahuan dasar dan terapan bidang sosial humaniora untuk mengamati gejala dan /atau menyelesaikan permasalahan bidang sosial humaniora yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lomba ini dimulai dengan pengumpulan proposal pada tanggal 30 April 2021 hingga final persentasi pada tanggal 19 November 2021 dan diikuti siswa SMA/SMK/MA/sederajat se-Indonesia .

Dengan judul penelitian “ETHNOWORD” : Aplikasi Dokumentasi Bahasa Daerah Nusantara sebagai Upaya Merevitalisasi Bahasa Daerah di Era Globalisasi, Mereka ingin melestarikan kembali bahasa daerah yang mulai punah oleh arus globalisasi. Mereka merasa bahwa kondisi Bahasa Daerah sekarang ini tidaklah stabil karena terdapat 28 bahasa yang terancam punah.

Cara pengoperasian aplikasi ETHNOWORD yaitu pada menu utama, user akan disuguhkan sebuah mesin pencari kata. Disitu user bisa mengetik kosakata daerah apa yang ingin dicari. Setelah itu, user memilih bahasa daerah yang akan dituju. Jika kosakata yang dicari sudah terdata, maka akan muncul hasilnya. Jika kosakata belum terdata, user bisa klik tombol “Tambahkan Kata”. Pada halaman penambahan kata, user disuguhkan berbagai kolom untuk diisi. Setelah mengisi data, user menekan tombol “Simpan” dan data akan tersimpan.