Kinerja kepala madrasah berdasarkan pada SK Dirjen Pendis Nomor 1111 tahun 2019, sebagaimana juknis, penilaian berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi :

  1. Usaha pengembangan madrasah
  2. Pelaksanaan tugas managerial
  3. Pengembangan kewirausahaan
  4. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
  5. Hasil kinerja kepala madrasah

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai tiap empat tahun sekali.

Kegiatan PKKM di MAN Sidoarjo dilaksanakan pada Selasa (21/12) bertempat di Meeting Room 2. Kegiatan PKKM ini dimulai pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Kegiatan PKKM dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Kepala Urusan kehumasan selaku pembawa acara. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Drs. Abd. Jalil, M.Pd.I., selaku  Kepala MAN Sidoarjo, memberi ucapan selamat datang kepada Tim Penilai PKKM. Rangkaian pembukaan dilanjutkan dengan pengarahan dari tim penilai sekaligus pengawas kabupaten, Dra. Endang Mujiati, M.Si. dan Drs. Imam Syafi’i, M.Pd. Selepas pengarahan dari tim penilai, rangkaian penilaian dilanjutkan dengan wawancara, observasi dan verifikasi dokumen oleh tim penilai PKKM.

Dalam penilaian PKKM ini, Kepala Madrasah didampingi Kepala Tata Usaha, beserta seluruh Wakil Kepala dan beberapa guru yang ditunjuk untuk melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan.

Menurut Dra. Endang Mujiati, M.Si., dengan penilaian kinerja kepala madrasah, dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi kepala madrasah. “Semoga dengan kegiatan PKKM di MAN Sidoarjo dapat  memberikan manfaat dan kinerja kepala madrasah dapat lebih meningkat, sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan bisa membawa pengembangan mutu pendidikan madrasah,” tuturnya. (INA/Humas)