Proses kegiatan belajar mengajar bagi kelas 10 dan 11 di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo sudah berakhir. Tahapan selanjutnya yang harus ditempuh siswa adalah melaksanakan kegiatan penilaian akhir tahun yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif mereka pada tahun pelajaran 2021-2022 ini.

Pelaksanaan ujian ini dimulai dari 2 Juni sampai dengan 11 Juni 2022 dan diikuti oleh 457 siswa kelas 10 dan 450 siswa kelas 11.  Pelaksanaan ujian menggunakan device dari siswa yang terhubung jaringan lokal sekolah. PAT kali ini dilakukan secara tatap muka karena pandemi covid-19 di Sidoarjo sudah berada dilevel 1, sehingga sesuai dengan peraturan pemerintah, diperbolehkan pembelajaran secara tatap muka dengan tetap menerapkan aturan protokol kesehatan yang berlaku, yaitu siswa wajib memakai masker, mencuci tangan pada saaat datang di sekolah dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, serta menjaga jarak aman.

Selesai mengerjakan ujian, siswa diharuskan untuk segera pulang ke rumah. Selain untuk mempersiapkan materi pelajaran yang akan diujikan hari berikutnya, hal ini juga bertujuan agar siswa tidak berkerumun disekolah.