Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo melaksanakan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023 pada hari Senin hingga Kamis, 18-21 Juli 2022. Sesuai dengan namanya, MATSAMA atau Masa Taaruf Siswa Madrasah adalah suatu kegiatan yang bertujuan memperkenalkan lingkungan madrasah kepada siswa baru. Siswa baru akan diberikan pengetahuan seputar kehidupan yang ada di MAN Sidoarjo beserta nilai-nilai yang ada didalamnya.

Rangkaian MATSAMA 2022 dibuka dengan apel pagi dan pembukaan secara simbolis pelaksanaan MATSAMA 2022 yang dilakukan di halaman MAN Sidoarjo. Selama empat hari pelaksanaan, MATSAMA diisi dengan penyampaian beberapa materi yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di MAN Sidoarjo. Materi yang disampaikan diantaranya, Wawasan Wiyata Mandala, Pengenalan Kurikulum dan Program Madrasah, Pengenalan Tata Tertib Madrasah & Program Kesiswaan, Kesadaran Hukum Masyarakat oleh perwakilan Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Moderasi Beragama dan Budaya Digital. Rangkaian kegiatan ditutup dengan pengenalan dan promo serta demo penampilan dari ekstrakurikuler yang ada di MAN Sidoarjo.

Ahmad Rofiqil Huda, S.Ag., selaku Ketua Panitia Matsama 2022, menuturkan bahwa dari awal perencanaan kegiatan hingga selama pelaksanaan, matsama berjalan lancar. “Kendala yang dihadapi adalah karena siswa kelas 11 dan 12 tetap melaksanakan kbm, sehingga kami panitia tidak bisa leluasa mengekspresikan atau mengeraskan volume speaker karena akan mengganggu kegiatan belajar mengajar.”

Perbedaan pelaksanaan matsama tahun ini sangat terasa dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perbedaan bisa dirasakan karena matsama tahun ini dilakukan secara tatap muka. Hal ini menyebabkan pemateri bisa berinteraksi dengan peserta secara langsung dan bisa melibatkan peserta kedalam penyampaian materi. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilakukan secara online akibat dari efek pandemi covid-19 yang sedang memuncak, sehingga interaksi antara peserta dan pemateri menjadi sangat terbatas.

Guru Akidah Akhlak sekaligus Pembina Osis MAN Sidoarjo tahun 2022-2023 ini berpesan  kepada siswa baru, “Semoga pengenalan yang telah diberikan dapat dimengerti oleh peserta sehingga saat mereka ingin mengikuti kegiatan yang ada di MAN Sidoarjo, mereka sudah paham dan mereka juga sudah memahami dan mengenal lingkungan MAN Sidarjo ini”.

Kesan-kesan dari pelaksanaan MATSAMA juga diutarakan dari Kayla Garneta, salah satu peserta matsama. “Matsama tahun ini terasa seru dan panitia dari pihak osis juga baik dan humble. Semua jadi terasa menyenangkan, saya juga berharap tahun depan matsama bisa dilaksanakan lebih seru lagi dan saya yang bisa menjadi salah satu bagian panitianya”.