AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indinesia) di madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo telah  diselenggarakan dari hari senin dan selasa, 19- 20 September 2022 yang berjalan tertib dan lancar. Pelaksanaan AKMI di pusatkan di ruang kelas XI IPA 1 s/d kelas XI IPA 7 dan kelas XI IPS 1 s/ kelas XI IPS 5. Pelaksanaan AKMI terbagi menjadi 2 (dua) sesi, sesi 1 dimulai pukul 08.00 WIB sedangkan sesi 2 dimulai pukul 10.30 WIB.
            Sebanyak 451 siswa kelas XI telah siap untuk mengerjakan soal – soal yang akan diujikan. Tujuan AKMI adalah untuk mengukur kompetensi peserta didik dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.
Hasil AKMI memberi informasi tentang tingkat kemampuan siswa dalam berliterasi dan berpikir kritis untuk kemudian membantu guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran di kelas
            Sebelum pelaksanaan AKMI, siswa telah mengikuti simulasi lebih dulu yang diselenggarakan  Kamis, 15/9 untuk mengukur tingkat kesiapan siswa, jaringan internet yang stabil sehingga dalam pelaksanaannya siswa dapat log in dengan sukses. (Ina/Humas).