Jum’at (25/11/2022), Seluruh siswa, guru dan pegawai MAN Sidoarjo mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang ke-77. Dengan diselimuti cuaca yang mendung, upacara berlangsung dengan khidmat.

Pada kegiatan upacara tersebut, Drs. Sartono, M.Si., hadir sebagai Pembina Upacara. Beliau menyampaikan amanat dari Menteri Agama bahwa para guru tidak hanya pribadi pengajar tetapi juga menjadi yang belajar, karena guru juga harus menerapkan ‘long life education’ dalam hidup mereka.

Kemudian setelah pelaksanaan upacara, rangkaian kegiatan dilanjut dengan pemberian penghargaan kepada lima kelas terbaik dalam penampilan program P5 yang bertema Jaga NKRI dalam Bhineka Tunggal Ika pada (22/11/2022). Adapun kelas yang mendapat penghargaan tersebut adalah kelas X10, X2, X7, X12, dan X3.

Berbeda dari peringatan hari guru tahun sebelumnya, upacara peringatan hari guru tahun ini dilanjut dengan acara pemberian “surat cinta” yang sebelumnya sudah ditulis oleh siswa/siswi MAN satu hari sebelumnya. Siswa diminta untuk menulis surat untuk guru favorit mereka sebagai rasa terima kasih kepada para guru. Selain itu, juga terdapat penampilan dari pewakilan setiap angkatan yang membacakan puisi dan ucapan terima kasih untuk para guru di lapangan upacara MAN Sidoarjo. Riuh terdengar ketika perwakilan membacakan puisi tersebut.

Walaupun sederhana, tapi surat yang ditulis oleh murid sangat bermakna bagi para guru karena isi surat tersebut merupakan ungkapan terima kasih yang tulus dari siswa/siswi untuk seluruh guru di MAN Sidoarjo. Adapun acara penyerahan surat ini diiringi dengan Hymne Guru yang juga diiringi oleh siswa.

Melalui acara ini, guru berharap agar segala yang dicita-citakan muridnya dapat tercapai. Siswa-siswi juga berharap Bapak/Ibu Guru mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat dan juga diberikan umur yang panjang agar dapat menyaksikan murid-muridnya sukses di masa yang akan mendatang. (Nadhira/Jurnalistik)