Latar Belakang

Pengembangan keagamaan adalah divisi kegiatan yang ada di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo dengan melaksanakan kegiatan yang berhubungan aktifitas keagamaan meliputi pembiasaan beribadah bagi siswa, Bimbingan Tahfidz Al Quran, pelatihan menjadi khotib / penceramah dan pembimbingan lomba bidang keagamaan antara lain lomba pidato keagamaan, Lomba Tahfidz dan Lomba Tilawah Al Quran, Lomba seni baca AlQuran (Qira’atul Quran).

Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo yang merupakan sekolah Islam milik pemerintah sudah sepatutnya memberikan sumbangsih kepada bangsa dalam membentuk masyarakat yang memiliki keimanan serta ketaqwaan yang tinggi dan kepribadian yang luhur.  Madrasah sebagai wadah pendidikan memiliki tanggung jawab dalam membentuk karakter lulusan yang memiliki jiwa dan kepribadian Islami dengan kemampuan membaca dan menghafal Al Quran sehingga berguna bagi masyarakat bangsa dan negara.

Program Bimbingan Tahfidzul Quran merupakan program unggulan di MAN Sidoarjo yang dicetuskan pada tahun 2017. Program ini diadakan sebagai wadah untuk membina peserta didik agar memiliki kebiasaan membaca dan menghafal Al Qur’an serta memberikan pembinaan untuk meningkatkan hafalan Al Quran bagi yang sudah memiliki belakal hafalan Al Quran sebelumnya.

       Program Tahfidzul Quran ini bekerja sama dengan Lembaga Tahfidz Al Quran QURANIC SCHOOL. Dengan Kerjasama ini managemen, sistem pengajaran dan ujian akhir serta Syahadah/Ijazah Tahfidz Al Quran di bawah pembinaan dan legalitas Lembaga Tahfidz Quranic School.

Tujuan Kegiatan

Umum :

  1. Meningkatkan kesadaran dan tertib melaksanakan ibadah
  2. Meningkatkan kecintaan terhadap Al Quran
  3. Membentuk karakter siswa yang berjiwa islami

Khusus :

  1. Membentuk calon da’i yang memiliki kemampuan retorika yang baik
  2. Membentuk calon hafidz dan hafidzah yang mutkin
  3. Membentuk karakter siswa yang memiliki kedisiplinan dalam beribadah
  4. Membentuk pribadi siswa dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah

Sasaran Kegiatan

Sasaran Bimbingan Tahfidzul Qur’an adalah seluruh siswa kelas X , XI dan XII yang terbagi dalam kelas regular dan kelas Intensif Tahfidz . Kelas regular adalah seluruh kelas sedangkan kelas tahfidz adalah X MIPA 3, XI MIPA 3, dan XII MIPA 3

Target Kegiatan

  1. Bimbingan Tahfidzul Qur’an (BTQ) di Kelas Regular minimal menghafal Al Quran minimal 2 juz selama tiga tahun dengan kemampuan menghafal juz 30 di tahun pertama dan dilanjutkan dengan juz 29 dan dapat menambah hafalan bagi yang mampu. Sedangkan BTQ bagi siswa di Kelas Tahfidz Intensif minimal mampu menambah hafalan Al Quran sebanyak 10 juz selama 3 tahun dari bekal hafalan sebelmnya.
  2. Pada pembinaan khotib dan penceramah kultum, siswa diharapkan berani mampu menyampaikan dakwah di depan jamaah dengan baik.
  3. Pendampingan sholat berjamaah diharapkan siswa mempunyai kebiasaan sholat tepat waktu secara berjamaah.
  4. Siswa memiliki daya saing dalam berbagai lomba di bidang keagamaan misalnya olimpiade PAI (Pengetahuan Agama Islam), Musabaqoh Tilawatil Quran, Musabaqah Tahfidzul Quran dan lain sebagainya.

Waktu Pelaksanaan Kegiatan

  • Kegiatan BTQ bagi kelas reguler dilaksanakan setiap hari pada pukul 06.00 – 07.00 wib.
  • Kegiatan BTQ bagi kelas intensif Tahfidz dilaksanakan pada hari Senin – Jum’at pukul 06.00 – 07.00 wib dan pukul 12.30 – 13.30 wib,
  1.