Gerakan Literasi di MAN Sidoarjo adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan madrasah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik, yang mencakup kemampuan membaca, memahami, dan mengapresiasi berbagai bentuk komunikasi secara kritis, yang meliputi bahasa lisan, komunikasi tulis, komunikasi yang terjadi melalui media cetak ataupun elektronik.

Tujuan

  • Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis peserta didik di madrasah.
  • Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan madrasah agar literat.
  • Menjadikan madrasah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga madrasah mampu mengelola pengetahuan.
  • Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Program

Pelaksanaan gerakan literasi madrasah di MAN Sidoarjo terdiri dari tiga tahap. Pertama pembiasaan, kedua pengembangan dan tahap ketiga pembelajaran.

  1. Tahap pembiasaan
    Membaca buku dan wajib kunjung perpustakaan madrasah.
  1. Tahap pengembangan
    Meliputi kegiatan lomba dalam rangka memperingati bulan bahasa, lomba literasi di luar madrasah baik tingkat kabupaten, propinsi maupun nasional.
  1. Tahap pembelajaran
    Pembinaan dalam klub literasi yang meliputi penulisan karya dalam bentuk cerpen, puisi, esai dan lain-lain.

Dari hasil semua kegiatan diatas, kemudian dibukukan atau dicetak sebagai bentuk penghargaan atas karya mereka (guru dan peserta didik), dan menjadi bacaan yang diletakkan di perpustakaan.