MANSDA RISET merupakan sebuah wadah yang bertujuan mengembangkan dan meningkatkan prestasi peserta didik dan guru dalam bidang riset pada skala lokal, nasional maupun internasional.

Berawal dari kegiatan Studi Kenal Alam dan Lingkungan di MAN Sidoarjo yang dimulai pada tahun 2000. Kegiatan ini berisi tentang kegiatan riset dan penyusunan laporan oleh beberapa siswa dan didampingi oleh guru pembimbing, yang berisi tentang kunjungan kegiatan beberapa tempat yang dituju. Hasil penelitian tersebut kemudian diseminarkan dan dilombakan antar kelas dengan tujuan terciptanya iklim kompetisi yang berguna memperbaiki kualitas penelitian dan penyusunan laporan.

Dalam perkembangannya, terdapat evaluasi terhadap program SKAL ini. Tidak adanya tindak lanjut terhadap laporan karya tulis ilmiah terbaik dari program ini serta kurang efektifnya jumlah peserta yang mengikutinya (perwakilan tiap kelas yang menampilkan hanya lima orang sedangkan yang melakukan kunjungan adalah satu kelas), maka dibentuk MANSDA RISET.

Dalam MANSDA RISET, peserta didik diberi kesempatan dan diberi pembinaan untuk melakukan penelitian dan penyusunan laporan dari penelitian yang telah dilakukan. Melalui proses bimbingan yang berkala, akan dilakukan pendampingan yang lebih intensif pada kelompok yang dianggap memiliki potensi dan minat yang lebih menonjol. Hasil dari proses tersebut akan diikutkan dalam perlombaan tingkat lokal, nasional maupun internasional.

ISET

TUJUAN

  1. Untuk mewujudkan Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo menjadi Madrasah Riset.
  2. Untuk mewadahi kegiatan madrasah yang berhubungan dengan riset.
  3. Untuk menambah pengalaman peserta didik dalam hal penelitian dan menyusun Karya Tulis Ilmiah.
  4. Untuk meningkatkan kualitas peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo melalui pembimbingan riset yang sudah terprogram dan terjadwal.
  5. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo agar mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

KEGIATAN RUTIN

Pembimbingan dilakukan setiap minggu dua kali dilakukan setiap hari jumat dan sabtu setelah pembelajaran sekolah selesai. Setelah dilakukan pengumpulan ide atau gagasan dari peserta didik, kemudian guru pembimbing membentuk tim-tim yang akan diikutkan lomba. Guru pembimbing melakukan pembimbingan rutin untuk lomba-lomba pada tim-tm yang sudah terbentuk.